Penjelasan Hadits: Larangan Membela Pemimpin yang Zalim

Penjelasan Hadits: Larangan Membela Pemimpin yang Zalim

Fatwapedia.com – Kehidupan tidak pernah sepi dari adanya keadilan dan kezaliman, demikian juga dalam hal kepemimpinan tidak sepi pula dari adanya imam yang zalim dan imam yang adil, baik masa silam dan saat ini. Dalil-dalil Al Quran telah menunjukkan tentang imam yang zalim dan kezalimannya seperti Fir’aun dan Namrudz, dan imam yang adil dengan keadilannya seperti Daud dan Sulaiman ‘Alaihimassalam. Demikian juga dalam hadits-hadits nabi banyak ditemukan kisah tentang mereka. Petunjuk kenabian membimbing bagaimana kita menyikapi mereka.

Sekarang, kita akan bahas sebuah hadits yang bernilai tinggi yang mengarahkan kita kepada jalan yang benar, khususnya bagaimana sikap kita terhadap pemimpin yang zalim, dengan judul: “Larangan Membela Pemimpin Yang Zalim.”

حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ شُعْبَةَ حَدَّثَنَا قَتَادَةُ عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ أَبِي سُلَيْمَانَ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ:

Berkata kepada kami Yahya, dari Syu’bah, berkata kepada kami Qatadah, dari Sulaiman bin Abi Sulaiman, dari Abu Said al Khudri, dari Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam:

 تَكُونُ أُمَرَاءُ تَغْشَاهُمْ غَوَاشٍ أَوْ حَوَاشٍ مِنْ النَّاسِ يَظْلِمُونَ وَيَكْذِبُونَ فَمَنْ دَخَلَ عَلَيْهِمْ فَصَدَّقَهُمْ بِكَذِبِهِمْ وَأَعَانَهُمْ عَلَى ظُلْمِهِمْ فَلَيْسَ مِنِّي وَلَسْتُ مِنْهُ وَمَنْ لَمْ يَدْخُلْ عَلَيْهِمْ وَيُصَدِّقْهُمْ بِكَذِبِهِمْ وَيُعِنْهُمْ عَلَى ظُلْمِهِمْ فَهُوَ مِنِّي وَأَنَا مِنْهُ

“Akan ada para pemimpin yang dikelilingi oleh para pendamping dari manusia, maka barangsiapa masuk kepada mereka, membenarkan kedustaan dan menolong kezaliman mereka, maka ia bukan dari golonganku dan aku bukan dari golongannya. Dan barangsiapa tidak masuk kepada mereka untuk membenarkan kedustaan dan menolong kezaliman mereka, maka ia dari golonganku dan aku dari golongannya.”

أ‌.  مصدر الحديث :هذا الحديث أخرجه أحمد في مسنده، رقم. 11192، من طريق يَحْيَى عَنْ شُعْبَةَ حَدَّثَنَا قَتَادَةُ عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ أَبِي سُلَيْمَانَ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ :….

Sumber Hadits 

Hadits ini dikeluarkan oleh Imam Ahmad dalam Musnadnya no. 11192, dari Jalan Yahya, dari Syu’bah, berkata kepada kami Qatadah, dari Sulaiman bin Abi Sulaiman, dari Abu Said al Khudri, dari Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam:

ب‌.   تراجم رجال إسناد حديث :

Biografi Para Perawi Hadits

[حَدَّثَنَا يَحْيَى] هو يحي بن سعيد القطان، إمام الأئمة فى زمانه، ثقة و مأمون. وقال أحمد بن حنبل : يحي بن سعيد أثبت الناس. (تاريخ بغداد، 14/139). عن بندار قال : حَدَّثَنَا يَحْيَى بن سعيد إمام أهل زمانه. (تهذيب الكمال، 31/339). وقال محمد بن سعد : و كان ثقة، مأمونا، رفيعا، حجة. (طبقات ابن سعد، 7/293)

(Berkata kepada kami Yahya), dia adalah Yahya bin Sa’id al Qaththan, salah satu imam dimasanya, terpercaya dan amanah.

Ahmad bin Hambal berkata: “Yahya bin Sa’id adalah manusia paling tsabit (paling kokoh hapalannya).” (Tarikh Baghdad, 14/139)

Bundar berkata: “Berkata kepada kami Yahya bin Sa’id, seorang imam di masanya.” (Tahdzibul Kamal, 31/339)

Muhammad bin Sa’ad berkata: “Dia terpercaya, amanah, tinggi kedudukannya, dan hujjah.” (Thabaqat Ibnu Sa’ad, 7/293)

[عَنْ شُعْبَةَ]  هو شعبة بن الحجاج. هو من شيوخ يحي بن سعيد، وقال عنه: لا يعدل شعبة عندي أحد. وقال الذهبي : الإمام, الحافظ, أمير المؤمنين في الحديث. (سير اعلم النبلاء، 6/603، 609). وقال النووي : وأجمعوا على إمامته فى الحديث، وجلالته، وتحريه، واحتياطه، وإتقانه. وقال الإمام أحمد بن حنبل: لم يكن فى زمن شعبة مثله فى الحديث، ولا أحسن حديثًا منه. (تهذيب الأسماء و اللغات، 1/245)

(dari Syu’bah) dia adalah Syu’bah bin al Hajjaj. Dia termasuk guru Yahya bin Sa’id. Yahya berkata tentangnya; “Menurutku, tidak ada seorang pun yang sebanding dengan Syu’bah.” Adz Dzahabi berkata: “Dia seorang imam, hafizh, dan pemimpinnya orang-orang beriman dalam hal hadits.” (Siyar A’lam an Nubala, 6/603, 609)

An Nawawi berkata: “Para ulama sepakat atas keimanannya dalam ilmu hadits, kebesarannya, kehati-hatiannya, dan keteletiannya.” Imam Ahmad bin Hambal berkata: “Tidak ada di zaman Syu’bah yang semisal dia dalam hadits, dan tidak ada yang haditsnya lebih bagus darinya.” (Tahdzul Asma wal Lughat, 1/245)

[حَدَّثَنَا قَتَادَةُ] هو قتادة بن دعامة هو إمام المفسرين، و أحد الأئمة الاعلام الحافظ (لسان الميزان، 7/341). وقَالَ ابْن الْمسيب مَا أَتَانَا عراقي أحفظ من قَتَادَة وَقَالَ ابْن سِيرِين قَتَادَة أحفظ النَّاس. (خلاصة تذهيب تهذيب الكمال، 1/315). ولكن قال الحافظ ابن حجر: كان حافظ عصره وهو مشهور بالتدليس وصفه به النسائي وغيره . (طبقات المدلسين، 1/43). وقال الزركلي : وكان يرى القدر، وقد يدلّس في الحديث. (الأعلام، 5/189)

(Berkata kepada kami Qatadah) dia adalah Qatadah bin Di’amah, imamnya ahli tafsir. Salah satu imam dan seorang hafizh. (Lisanul Mizan, 7/341). Ibnul Musayyab mengatakan: “Tidak pernah ada orang Iraq yang lebih hafizh dari Qatadah.” Ibnu Sirin berkata: “Qatadah adalah manusia paling hafizh.” (Khulashah tahdzibul kamaal, 1/315), tetapi Al Hafizh Ibnu Hajar berkata: Dia adalah hafizh di zamannya namun dia terkenal dengan tadlis (menggelapkan sanad atau matan), sebagaimana disifatkan oleh An Nasa’i dan lainnya. (ThabaqatMudallisin, 1/43). Az Zirkili mengatakan: “Dia berpendapat seperti kalangan qadariyah, dan telah mentadlis hadits.” (Al I’lam, 5/189)

[عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ أَبِي سُلَيْمَانَ] هو  سُلَيْمَانُ بْنُ أَبِي سُلَيْمَانَ الْقُرَشِيُّ. قال الهيثمي : لم أعرفه. (مجمع الزوائد، 5/247). قال الحسيني في “الإكمال”: مجهول، ونقله الحافظ في “التعجيل”، ثم قال: وقد ذكره ابن حبان في “الثقات”. (تحقيق مسند أحمد، 17/287). وقال البخاري : عَنْ أَبِي سَعِيد. رَوَى عَنه: قَتادة، ولم يذكر سماعا من أَبِي سَعِيد . (التاريخ الكبير، 4/14). وترجم له ابن أبي حاتم، ولم يذكر فيه جرحا ولا تعديلًا. (الفرائد على مجمع الزوائد، ص. 115)

(Dari Sulaiman bin Abi Sulaiman) dia adalah Sulaiman bin Abi Sulaiman al Qurasyi. Al Haitsami berkata: “Aku tidak mengenalnya.” (Majma’ az Zawaid, 5/247). Al Husaini berkata dalam Al Ikmal: “Majhul – tidak diketahui jati dirinya.” Hal ini dinukil ole Al Hafizh dalam At Ta’jil, lalu dia berkata: Ibnu Hibban menyebutnya dalam “Ats Tsiqaat” (Tahqiq Musnad Ahmad, 17/287). Imam Bukhari mengatakan:  “Tentang Abu Sa’id, Qatadah telah meriwayatkan darinya, tapi tidak disebutkan bahwa dia mendengarkan hadits dari Abu Sa’id.” (Tarikh al Kabir, 4/14). Ibnu Abi Hatim juga menyebut biografinya, namun tidak menyebut adanya kritikan dan pujian. (Al Faraid ‘ala Majma az Zawaid, hal. 115)

[عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ] هو صحابي، واسمه سعد بن مالك بن سنان ، مشهور بكنيته ونسبته: أبي سعيد الخدري ، وهو من أكثر الصحابة حديثاً، وهو أحد السبعة الذين عرفوا بكثرة الحديث عن النبي صلى الله عليه وسلم.

(Dari Abu Said al Khudri) dia seorang sahabat nabi. Namanya Sa’ad bin Malik bin Sinan, terkenal dengan nama kuniyahnya dan nisbahnya: Abu Sa’id al Khudri. Dia termasuk sahabat nabi yang paling banyak haditsnya. Dia salah satu dari tujuh orang yang dikenal banyak meriwayatkan hadits dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

فهذا إسناد ضعيف لأن له علتان : 

الأول :  قتادة هو مدلس

والثاني : سُلَيْمَان بن أَبِي سُلَيْمَان هو مجهول ولم يسمع من أبي سعيد

ولكن له شواهد كثيرة من القران و طرق أخرى من الأحاديث، وها هنا شواهده:

Maka, Isnad hadits ini dha’if, karena ada dua cacat. Pertama. Qatadah, dia seorang mudallis. Kedua. Sulaiman bin Abi Sulaiman, dia tidak dikenal dan tidak mendengarnya dari Abu Sa’id. Tetapi hadits ini punya banyak jalur lain yang menguatkannya (syawahid) baik dari Al Quran dan As Sunnah.

Ditulis oleh: Ustadz Farid Nu’man Hasan

Leave a Comment