Biografi Ringkas Al-imam Jamâluddîn Ibnu Hisyâm, Pakar Nahwu dari Kairo

Biografi Ringkas Al-imam Jamâluddîn Ibnu Hisyâm, Pakar Nahwu dari Kairo

Fatwapedia.comDiantara ulama yang menjadi pakar dalam bidang ilmu Nahwu adalah Syaikh Jamaluddin Ibnu Hisyam. Bagi kalangan Penuntut ilmu nama beliau tentu tidak asing lagi. Berikut ini biografi singkat Syaikh Jamaluddin Ibn Hisyam.

Nama lengkap beliau adalah Abdullah bin Yusuf bin Ahmad bin Abdullah, Abu Muhammad Jamâl ad-Dîn ibnu Hisyâm al-Anshâriy al-Mishriy. 

Beliau dilahirkan di Kairo, pada bulan Dzulqa’dah tahun 708 H. Beliau bermulazamah dengan para pakar Nahwu pada zamannya, diantaranya adalah al-Imam Abu Hayân al-Andalusiy rahimahullah, penulis kitab tafsir yang sangat tebal sampai puluhan jilid yang terkenal yaitu al-Bahr al-Muhîth, yang dalam penafsirannya dipenuhi dengan faedah-faedah Nahwiyyah.

Al-Imam Ibnu Hisyâm rahimahullah sangat terkenal pada zamannya sebagai pakar Nahwu yang wahid, sampai-sampai Ibnu Khaldun rahimahullah mengatakan :

ما زلنا ونحنُ بالمغرب نسمع أنه ظهر بمصر عالمٌ بالعربية يقال له ابن هشام أنحى من سيبويه

“Kami senantiasa berada di negeri Maghrib, sampai kami mendengar bahwa telah muncul di Mesir seorang pakar bahasa Arab yang bernama Ibnu Hisyâm yang dapat menggantikan reputasi Sibawaih.”

Kitab beliau yang berjudul “Mughni al-Labîb” adalah kitab yang luar biasa yang menunjukkan luasnya bahasa arab beliau dimana beliau susun makna-makna huruf ma’âniy dalam bahasa arab yang ternyata bisa memiliki makna yang sangat banyak ketika dalam konteks kalimat yang berbeda. Kitab ini telah diringkas oleh al-‘Allâmah Muhammad bin Shâlih al-Utsaimin rahimahullah dengan bahasa yang lebih mudah dan praktis, sehingga pelajar bahasa arab dapat memanfaatkan karya beliau tersebut.

Secara akidah, maka al-Imam Ibnu Hisyâm adalah seorang ahlus sunnah, hal ini dipastikan oleh Abdul Qôdir Syakîmah dalam tesis magisternya yang berjudul “Juhûd Ibnu Hisyâm al-Anshâriy fî Tafsîr”. Penulis tesis memastikannya dengan 3 alasan berikut :

1. Asalnya seorang Muslim itu Ahlus Sunnah, jika tanpa ada tuduhan minor kepadanya. Al-Imam Malik rahimahullah ketika ditanya siapa ahlus sunnah?, Beliau rahimahullah menjawab : “Ahlus sunnah adalah orang yang tidak dikenal dengan julukan (minor kepadanya), ia bukan Jahmiy, bukan qadariy dan bukan Rafidhiy.

2. Beliau memiliki kitab yang berjudul “Mukhatshor al-Intishâf min al-Kasyâf” yang merupakan bantahan kepada mu’tazilah yang terdeteksi dari goresan halus az-Zamakhsyariy rahimahullah dalam kitab tafsirnya al-Kasyâf, yang beliau juga merupakan pakar bahasa arab dan memperkaya kitab tafsirnya dengan faedah-faedah dalam ilmu bahasa arab.

3. Beliau juga memiliki bantahan kepada Rafidhah yang mencela para sahabat Nabi shallallahu alaihi wa sallam.

Adapun dalam segi fiqih, maka para ulama biografi sepakat bahwa awalnya beliau bermazhab Syafi’iyyah dalam fiqih, lalu 5 tahun menjelang wafatnya, beliau pindah kepada mazhab Hanbali.

Al-Imam tutup usia pada tahun 762 H, meninggalkan banyak karya tulis yang berharga terutama dalam kajian bahasa arab, diantara tulisan beliau yang banyak dikaji oleh para penuntut ilmu dalam bidang kajian Nahwu adalah kitab “Qathr an-Nadâ”, sebuah matan kitab nahwu untuk pemula dengan isi yang sangat padat sebagai pembuka didalam mempelajari cabang ilmu nahwu atau tata bahasa arab.

Semoga Allah merahmati kami dan beliau serta kaum Muslimin, lebih khusus orang tua kami dan para guru kami yang telah membimbing kami mempelajari ilmu nahwu.

Oleh: Abu Sa’id Neno Triyono

Leave a Comment