Dhirar bin Al-Azwar, Dengan Namanya Sudah Cukup Untuk Menggetarkan Hati Musuh

Dhirar bin Al-Azwar, Dengan Namanya Sudah Cukup Untuk Mengetarkan Hati Musuh

Fikroh.com – Mungkin pembaca sekalian belum pernah mendengar sebelumnya nama salah satu pahlawan islam ini. Dia adalah sahabat besar Dirar Bin Al-Azwar Al-Asadi bin Malik bin Aus bin Judzaimah bin Malik bin Rabi’ah bin Tsa’labah sampai ‘Adnan, dia disebut “Abul Azwar”, dan diberi gelar Abu Bilal.

Masuk islam setelah fathu Makkah. Seorang sahabat yang kaya raya, penyair hebat dan petarung mematikan saat di medan perang. Banyak sekali peperangan yang diikuti dan dimenangkan olehnya.

Yang unik dan tak lazim, Dirar bin Al-Azwar Al-Asadi biasa berperang dalam pertempuran tanpa tameng, atau penjagaan. di tangannya hanya ada pedang Oleh karena itu, Bangsa Romawi menjadi ketakutan jika melihatnya, mereka mengira Al-Asadi setan, bertelanjang dada.

Dia memiliki seribu unta, yang dia tinggalkan Demi memeluk Islam dan datang bersumpah setia di hadapan Nabi dan berkata:

Saya bersumpah terima saya masuk ke Islam. Saya meninggalkan sembahan api dan permainan dunia dan anggur, dan ini doa permohonan saya.

Ia Menangis dihadapan rasulullah meminta ikut serta dibawa untuk berperang.

Saya tidak menipu kesepakatan saya ini. Saya telah meninggalkan keluarga dan uang saya untuk semua ini. 

Dan dikatakan bahwa dia adalah seorang kesatria pemberani, seorang penyair, dan salah satu pejuang yang kuat dan serta pecinta pertempuran, dan beberapa mengatakan bahwa disebutkan dengan namanya sudah cukup menggetarkan hati musuh, dan dia memiliki posisi Yang diberikan Nabi, di mana dia dipercayainya, untuk mengirimnya ke beberapa suku terkait urusan mereka, dan dia pernah mengirimnya untuk menghentikan Serangan Bani Asad. Sebagai pemimpin, dia berpartisipasi dalam banyak invasi, seperti perang murtad Dan Fattuh al-Sham, dan dia adalah salah satu dari mereka yang berjanji untuk teguh di hadapan orang Romawi, 

Dan pada saat Ikrimah bin Abi Jahl berdiri sambil berkata: Siapapun yang bersumpah setia sampai mati, Dia adalah yang pertama menanggapinya.

Dan dalam pertempuran Marj Dahshur, Dirar bertemu dengan salah satu pemimpin Romawi, yang disebut Paulus, yang ingin membalas dendam “Wardan” dan pertempuran dimulai di antara mereka. Ketika pedang Dharar jatuh di leher Paulus, dia memanggil Khaled bin Al-Walid dan berkata kepadanya, “Khaled, bunuh aku, jangan biarkan dia membunuhku,” kata Khaled kepadanya. Itu adalah pembunuh Anda dan pembunuh Romawi.

Beliau adalah alasan bagi umat Islam untuk memulai pertempuran Yamamah, yang merupakan salah satu pertempuran paling menentukan dalam sejarah Islam. Yamamah juga termasuk perang melawan murtadin tahun 12 Hijriyah dengan Ikrimah bin Abu jahal sebagai panglimanya.

Dalam Pertempuran Yarmouk, Dirar adalah orang pertama yang bersumpah setia kepada Ikrimah bin Abi Jahl, dan dia pergi dengan empat ratus Muslim, semuanya syahid kecuali Dirar, dan Dirar pergi dengan satu batalyon Muslim untuk mencari informasi tentang pasukan Romawi, jadi dia melawan Romawi dan dikatakan bahwa empat ratus dari mereka tewas, kemudian dia mengirim batalion untuk membebaskannya. Dan mereka yang bersamanya, dan akhirnya misi itu berhasil, mereka berhasil dibebaskan dan kembali bersama mereka.

Dhirar juga berpartisipasi dalam penaklukan Damaskus bersama Khalid bin Al-Walid, semoga Allah berkenan merahmatinya, kemudian Dirar bin Al-Azwar meninggal di Lembah Yordan, dan kemungkinan besar dia meninggal dalam wabah Emaus, dan dimakamkan di sana dan kota itu dinamai menurut namanya.

Leave a Comment