Mengenal Abi Syuja’: Penulis Kitab Taqrib yang Terlupakan

Mengenal Abi Syuja’: Penulis Kitab Taqrib yang Terlupakan

Fikroh.com – Tidak banyak orang tahu tentang siapa Abi Syuja’, padahal beliau merupakan pengarang sebuah kitab yang sangat vital dan digunakan sebagai dasar dan basis pembelajaran fikih di seluruh penjuru dunia.

Kitab Ghayah al–Taqrib atau yang sering disebut dengan Matnu Abi Syuja’ merupakan kitab dasar yang oleh hampir semua basik pendidikan agama dijadikan sebagai kurikulum awal pembelajaran fikih. Ghayah al-Taqrib walaupun kecil bentuk dan ringkas sekali pembahasannya, tapi memiliki keunikan tersendiri. Pembahasan fikih di dalamnya ditata dengan begitu sistematis. Materi di dalamnya sangat padat dan lengkap, akan tetapi tidak dibarengi dengan kajian yang panjang dan melelahkan. Konsep kitab fikih yang demikian adalah termasuk sangat langka pada zamannya, di mana pada masa itu kitab-kitab fikih cenderung berfisik tebal dengan materi panjang.

Maka tidak aneh kitab ini pada masa itu begitu populer dan masih digunakan sampai detik ini. Dari kitab ini juga lahir kitab-kitab turunan. Kitab ini disyarahi oleh Ibn Qasim Al-Ghazi dengan nama Fath al-Qarib, disyarahi oleh Taiyyuddin Al-Hishni dengan mana Kifayah al-Akhyar, dan juga disyarahi oleh Al-Khathib Al-Syirbini dengan nama Al-Iqna’. Kitab turunan tersebut juga masih dijabarkan oleh para ulama generasi setelahnya, di antaranya Fathul Qarib dikomentari oleh Al-Bajuri dengan nama Hasyiah Al-Bajuri dan dikomentari pula oleh Al-Barmawi. Ada juga kitab Al-Iqna’ yang dikomentari oleh Al-Bujairami dengan judul Hasyiah Al-Bujairami ‘ala Syarh al-Khathib.

Namun sayang, semua kegemilangan itu seakan kurang bisa mengapresiasi mushanif awal dari kitab-kitab tersebut. Orang-orang lebih banyak mengenal Fath al-Qarib, Al-Baijuri, Al-Bujairami, Kifayah al-Akhyar dari pada Matnu Abi Syuja’. Walaupun penulis sangat yakin beliau tidak akan mempermasalahkan hal itu. Seperti yang dikatakan beliau dalam kata pengantar Matnu Abi Syuja’, “Saya diminta oleh kawan-kawan saya untuk membuat sebuah ringkasan tentang mazhab Syafii dengan seringkas-ringkasnya dan sepadat-padatnya supaya gampang dipelajari dan mudah dihapalkan. Serta memperbanyak persoalan dan merangkumnya. Kemudian, saya terima permintaan mereka seraya mengharapkan pahala serta berharap pula Allah memberi pertolongan kepada kebenaran.”

Cukup sulit mencari profil lengkap beliau. Tidak banyak referensi otoritatif yang bisa ditemukan yang menjelaskan biografi beliau secara lengkap. Salah satunya adalah Thabaqat al-Syafi’iyyah karya Tajuddin Al-Subki (juz 6, halaman 15). Informasi tentang kelahiran dan kewafatan beliau terhitung masih simpang siur. Dalam kitab Thabaqat al-Syafi’iyyah disebutkan bahwa beliau lahir pada tahun 434 (dalam Tausyih ‘ala Ibn Qasim halaman 20 tertulis tahun 433), namun dalam riwayat lain dikatakan tahun 533. Penulis lebih condong pada pendapat pertama. Sebab beliau pernah memiliki murid bernama Al-Hafidz Abu Thahir Al-Salafi. Ia pernah berkata, “Beliau (Abi Syuja’) adalah sosok langka pada masanya. Beliau mengajar di kota Bashrah lebih dari 40 tahun lamanya. Dan setelah itu beliau hidup dan saya tidak bisa memastikan berapa lamanya.” Dan pertemuan keduanya ini terjadi pada tahun 500 hijriah. Maka sangat dimungkinkan pendapat kedua adalah keliru.

Masih dalam referensi yang sama, beliau lahir di kota Bashrah. Orang tua beliau lahir di kota ‘Ubadan (sebuah kota kecil di negara Iran bagian selatan), dan kakek beliau lahir di kota Ashfihan atau Ashbihan (sekarang kota terbesar ketiga di Iran, 340 km di sebelah selatan Teheran).

Seperti kelahiran beliau yang masih banyak diperkhilafkan, begitu pula tahun kewafatan beliau. Dalam Al-Bajuri (halaman 20) disebutkan beliau wafat 488 hijriah, dalam riwayat lain disebutkan tahun 593. Agaknya di sini pendapat kedua lah yang lebih masuk akal. Al-‘Allamah Al-Dairabi (dan dikuatkan dengan keterangan dalam Tausyih halaman 12 dan Al-Bajuri sendiri halaman 20) bahwa beliau wafat dalam umurnya yang mencapai 160 tahun. Semua sepakat bahwa Abi Syuja’ memiliki umur 160 tahun. Maka hitungan tersebut akan cocok jika tahun kelahiran beliau yakni 434 (atau 433) dan tahun kewafatan adalah 593 hijriah.

Namun, pendapat ini lagi-lagi memiliki kelemahan. Sebab kata-kata murid beliau, Al-Hafidz Al-Salafi (yang telah dikutip di atas) yakni, “Dan setelah itu beliau hidup, dan saya tidak bisa memastikan berapa lamanya,” menunjukan bahwa Al-Salafi masih hidup ketika Abi Syuja’ wafat. Sedangkan Al-Salafi sendiri wafat tahun 576 hijriah. Wallahu a’lam.

Abi Syuja’ terkenal sebagai ulama yang alim, ahli ibadah, saleh, lagi zuhud. Beliau diangkat sebagai qadhi (hakim) kemudian menjadi wazir (menteri). Namun beliau selalu berpegang pada perkara yang haqq dan tidak takut pada celaan atas hal tersebut. Sehingga nama beliau terang-benderang di seluruh penjuru.

Menjelang akhir hayat, beliau berpindah dan menetap di kota Madinah. Beliau mengabdikan jiwa dan raganya kepada Masjid Nabawi. Beliau menyapu masjid, menyalakan lentera-lentera ketika malam menjelang, dan merawat al-hujrah al-syarifah. Beliau meninggal dan dikuburkan di masjid yang beliau bangun di sebelah pintu Jibril. Sisi kepala beliau sangat dekat dengan al-hujrah al-syarifah.

Ketika beliau ditanya mengapa bisa memiliki umur yang begitu panjang, beliau menjawab, “Aku menjaga tubuhku sewaktu muda (dari maksiat), kemudian Allah menjaga tubuhku (dari berbagai macam bala’) ketika aku tua.” Semoga kita bisa mendapatkan barakah dengan mengingat beliau dan para orang saleh. Semoga kita termasuk dalam maqolah “Mengingat-ingat orang saleh akan bisa menurunkan rahmat.” Aamiiin.

Penulis : Alfanul Makky, alumni Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. Aktif di berbagai kajian ilmiah dan forum Bahtsul Masail se-Jawa dan Madura

Leave a Comment